Kamis, 11 Oktober 2012

MENGENAL SISTEM OPERASI LINUX


ARTIKEL TENTANG LINUX

Pada saat ini hampir semua orang sudah menggunakan system operasi Windows sebagai system operasi di komputer mereka. bagaimanakah dengan system operasi Linux?
mungkin banyak masyarakat yang masih awam dengan sistem operasi ini. dan masih bertanya-tanya tentang apa sih itu LINUX ? sistem operasi seperti apa lagi? apa sama dengan Windows yang sekarang kita gunakan biasanya, ataukah mungkin berbeda ?

1. Linux Dan Sejarahnya

Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer untuk computer, Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric.
Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi. Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi.
Pada awalnya, Linux dibuat, dikembangkan, dan digunakan oleh peminatnya saja. Kini Linux telah mendapat dukungan dari perusahaan besar seperti IBM dan Hewlett Packard. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan ini dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX proprietari, serta faktor keamanan dan kestabilannya dibandingkan dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka
(opensource software).
Linux ini disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Publi License (GPL), yang berarti source code Linux juga tersedia bagi publik.
mungkin saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya mengetahui tentang LINUX .
 
Pada awal masuk kuliah, di salah satu mata kuliah ada materi tentang LINUX, awalnya saya sangat tidak mengenal sama sekali tentang sistem operasi ini, janganpun menggunakannya, mendengarkannyapun juga belum pernah. pertama-tama saya tidak tertarik dengan materi ini karena bagi saya windows 7 aja saya males untuk memahaminya lebih jauh apalagi tentang sistem operasi LINUX yang awam bagi saya. ternyata waktu dijelaskan dan diperlihatkan tampilan awalnya saya mulai menyukainya dan menarik buat saya ketahui lebih lanjut, dari cara menginstalnya dan cara menggunakan sistem operasi ini.
Awal saya dapat materi ini tentang pengertian LINUX dan cara menginstalnya. ketika itu saya penasaran kalau setelah pulang kuliah ini saya ingin mencoba untuk menginstalnya.
Lalu sayapun segera mendownload ISO LINUX ini. setelah selesai mendownload saya tidak langsung menginstallnya karena saya takut Windows 7 saya hilang. karena banyak file kerjaan yang tersimpan, sedangkan Flash Disk sayapun sudah penuh dengan data-data, jadi saya ragu untuk meneruskannya. setelah itu saya dapet ilmu lagi di mata kuliah tentang LINUX ini, dan dijelaskan bahwa kalau masih ragu untuk menginstallnya kita bisa mencoba menginstall lewat Flash Disk atau DVD-RW. dan setelah pulang kuliah saya langsung mencobanya lewat Flash Disk tetapi hasilnya tidak bisa, sayapun terus mencoba. sudah selesai menginstal setelah direstart tetap tidak bisa  dan akhirnya saya mencoba langkah kedua yaitu dengan menggunakan DVD  tetapi ISOnya harus di Burnning terlebih dahulu kedalam DVD tersebut . dibawah ini ada penjelasan cara Menginstal Linux Ubuntu .

Cara menginstal Linux Ubuntu lewat menggunakan DVD-RW :
  1. Mendownload ISO Linux Ubuntu terlebih dahulu,  bisa juga mendownload dengan menggunakan Link ini http://www.ubuntu.com/download/desktop 
  2. Setelah selesai , lalu klik kanan di ISO tersebut dan pilih Burn Disc Image
  3. Lalu setelah tampil tampilan untuk Burning, ceklist di tanda Verify disc after burning
  4. Lalu pilih Burn untuk meneruskannya
  5. Setelah itu komputer akan merestart sendirinya
  6. Setelah itu kembali ke tampilan Windows lalu muncul perintah memilih Hard Disk mana yang akan kita pakai untuk menginstall Linux Ubuntu ini dan berapa Memory yang ingin digunakan
  7. Setelah dipilih lalu ada perintah lagi untuk untuk mengisi User Name and Password
  8. Setelah itu klik Finish lalu Linux Ubuntu-pun terinstall
Inilah Beberapa Trik untuk menginstall Linux Ubuntu di komputer anda .

lalu setelah terinstall saya merasa bingung dengan tampilan desktopnya dan. dari pada saya bingung saya ingin browsing di sistem operasi LINUX ini, setelah saya pasang modem saya bingung. ko ga muncul untuk modem tersambung, eh ternyata harus di setting dulu untuk koneksinya. memang LINUX ini sangat berbeda sekali dengan Windows, jauh berbeda dan jauh lebih sulit "ini pendapat saya", tetapi saya juga merasa bahwa setelah menggunakan LINUX itu lebih enteng dan tidak lemot dari pada saya menggunakan Windows 7. dan setelah bisa browsing saya sekalian ingin mendengar mp3 di LINUX ternyata eh ternyata lagu-lagu yang biasanya saya bisa dengarkan di Windows 7, tidak bisa saya dengarkan di LINUX karena harus mendownload aplikasi untuk mp3 ini. dari pada saya lebih bingung dan lebih pusing saya tidak melanjutkannya karena menurut saya masih banyak hal-hal yang harus saya dapatkan tentang LINUX disetiap materi kuliah ini. jadi akhirnya saya merestart komputer saya dan saya memilih untuk kembali ke Windows 7 terlebih dahulu, dan saya berpendapat mungkin secara perlahan saya akan mengerti dan bisa menggunakannya dengan lancar seperti dosen saya menggunakannyannya. apalagi saya masih sangat bingung untuk mengutak-atik sistem operasi ini karena berbeda dengan Windows yang sering saya gunakan di kegiatan setiap harinya .

Kelebihan linux
  1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
  3.  Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
  4.  Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien.
Kekurangan Linux
  1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
  2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
  3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
  4. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.
 Di linux ada beberapa macam distro Linux (bisa disebut distribusi). Distro linux adalah bundle dari kernel linux, beserta system dasar linux, program instalansi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali distro linux,  diantaranya :

Redhat
Distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia, redhat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.

Redhat Logo Linux

Debian
Distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam instalasi programnya.
Debian Logo Linux

Slackware
Merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia linux, hampir semuadokumentasi linux disusun berdasarkan slackware. Dua hal penting dari slackware adalah bahwa semua isinya (kernel.library ataupun aplikasinya) adalah sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil. Yang kedua karena dia menginstal dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi dengan system kita. Ini alasannya dia tidak mau untuk menggunakan binary RPM dan samapi slackware 4.0,ia tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.
Slackware Logo Linux

SuSE
Distribusi yang sangat dikenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi system. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapatmenggunakan bahasa Indonesia.
SuSe Logo Linux

Mandrake
Merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk Pentium. Kalau komputer kita menggunakan Pentium keatas, umumnya linux bisa jalan lebih cepat dengan mandrake.
Mandriva Logo Linux

WinLinux
Distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (Windows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows. Dan masih banyak lagi distro-distro linux yang lain.

LINUX merupakan salah satu sistem operasi komputer yang sangat populer saat ini selain windows dari Microsoft. LINUX pertama kali dikenalkan oleh Linus Torvalds seorang mahasiswa dari Finlandia yang bereksperimen dengan metoda mencoba membuat sebuah sistem operasi seperti halnya UNIX yang impiannya nanti dapat berjalan pada sebuah PC. Linux, atau lebih tepatnya, GNU/Linux adalah sebuah sistem operasi yang jalan pada kebanyakan jenis komputer yang terkenal, termasuk (tentunya) PC populer yang berbasis Intel, yang kebanyakan orang pakai dan Machintosh sampai ke mainframe yang besar dan super komputer.
GNU/Linux akan menyapu secara cepat perkembangan komputer dunia, mulai dari pemakai individual melalui perusahaan-perusahaan kecil, Perusahaan-perusahaan besar serta Departemen di pemerintahan. GNU/Linux didasari pada software open source software yang source codenya tersedia secara gratis. Keadaan lisesnsi untuk software open source ini membolehkan kita melihat dan memodifikasi software tersebut dan membagi perubahan yang telah anda buat tersebut secara gratis ke siapa pun.

seian informasi yang saya berikan semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian . Terima kasih

Informasi ini saya dapat dari beberapa sumber :
  1. http://materi-kuliah-informatika.blogspot.com/2012/02/berbagai-macam-distro-linux-dan-sejarah.html
  2. http://kurniawanwhu.wordpress.com/2011/06/07/makalah-tentang-linux/
Terima Kasih ^.^

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus